Senin, 30 Januari 2012

SKB (MERENCANAKAN BISNIS)

1
BAB I
MERENCANAKAN BISNIS
1.1. Membangun Mindset berbisnis
Di era globalisasi ini, sudah saatnya bangsa Indonesia memikirkan
cara mencari terobosan dengan menanamkan sedini mungkin tentang
nilai-nilai kewirausahaan terutama bagi kalangan terdidik, terlebih lagi
bagi warga Perguruan Tinggi. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan bagi
banyak orang diharapkan bisa menumbuhkan jiwa kreatifitas untuk
berbisnis atau berwirausaha sendiri dan tidak tergantung pada pencarian
kerja yang semakin hari ketat persaingannya. Kreatifitas ini sangat
dibutuhkan bagi orang yang berjiwa kewirausahaan agar mampu
mengindentifikasi peluang usaha yang kemudian mendayagunakannya
untuk menciptakan peluang usaha baru.
Nilai-nilai kewirausahaan sangat penting bagi orang yang akan
memulai usaha, sehingga pengusaha akan berusaha untuk menciptakan
inovasi dalam bisnis yang dijalankan sehingga produk yang dihasilkan
bisa diterima dipasaran sebagai produk unggulan yang dicari konsumen.
Di era global ini, persaingan di antara sesama pebisnis atau
pengusaha sangat ketat dan variatif baik persaingan di skala local,
regional ,nasional maupun internasional. Maka pebisnis atau perusahaan
menekankan pada inovasi yang penuh kreatifitas yang akan bisa
bersaing, bertahan, unggul dan mempunyai nilai lebih. Nilai lebih
tersebut yaitu wirausaha harus memiliki kemampuan dalam hal
berhubungan dengan masyarakat lainnya (interaksi), kemampuan dalam
hal memasarkan barang, keahlian mengatur, serta sikap terhadap uang.
Seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya suatu motif
tertentu, yaitu motif berprestasi. Motif ini ialah suatu nilai social yang
menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna mencapai
kepuasan secara pribadi. Faktor dasarnya adalah adanya kebutuhan yang
harus dipenuhi.
2
Menurut Drucker (1997), kewirausahaan (entrepreneurship) adalah
suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
Bahkan, enterpreneurship secara sederhana sering juga diartikan sebagai
prinsip kemampuan wirausaha (Soedjono, 1993 ;Meredith, 1996 ;Usman,
1997).
Zimmerrer (1996) menyatakan : kewirausahaan adalah penerapan
kretifiitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya untuk
memanfaatkan peluang yang di hadapi setiap hari. Kewirausahaan adalah
merupakan gabungan antara kreatifitas, inovasi, dan keberanian
menghadapi risiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk
membentuk dan memelihara usaha baru. Kreatifitas oleh Zimmerer
diartikan sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan
untuk menemukan cara-cra baru dalam memecahkan persoalan dan
menghadapi peluang (creativity is the ability to develop new ideas and to
discover new ways of looking at problems and opportunities).
Sedangkan, inovasi diartikan sebagi kemampuan untuk menerapkan
kreatifitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan peluang
untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan (inovation is the ability
to apply creative solutions to those problems and opportunities to
enhance or to enrich people’s live) sedangkan menurut levitt kreativitas
adalah thinking new things (berpikir sesuatu yang baru). Sedangkan
inovasi aadalah doing new things (melakukan sesesuatu yang baru).
Keberhasilan wirausaha akan tercapai apabila berfikir dan melakukan
sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama yang dilakukan dengan cara
yang baru (thinking and doing new things or old thing in new ways).
Dengan munculnya jiwa wirausaha diharapkan akan terbentuk
sebuah mindset (pola pikir) menjadi seorang pengusaha yang mampu
menciptakan lapangan kerja, selain itu diharapkan seseorang akan lebih
memahami potensi dirinya sehingga akan memiliki visi dan masa depan
yang lebih baik, lebih cerah, lebih menyenangkan. Dengan memahami
potensinya menurut Harefa, (2000) maka akan terbentuk sikap-sikap
􀂄 digerakkan oleh ide dan impian,
􀂄 lebih mengandalkan kreativitas,
3
􀂄 menunjukkan keberanian,
􀂄 percaya pada hoki, tapi lebih percaya pada usaha nyata,
􀂄 melihat masalah sebagai peluang,
􀂄 memilih usaha sesuai hobi dan minat,
􀂄 mulai dengan modal seadanya,
􀂄 senang mencoba hal baru,
􀂄 selalu bangkit dari kegagalan,
􀂄 tak mengandalkan gelar akademis.
1.2. Ide Bisnis
Sebuah rencana bisnis bisa datang secara tiba-tiba (ide) baik
melalui pengamatan maupun pengalaman, bisa juga melalui perencanaan
yang matang. Ide-ide sering sekali muncul dalam bentuk untuk
menghasilkan suatu barang dan jasa baru. Ide itu sendiri bukan peluang
dan tidak akan muncul bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan
pengamatan secara terus-menerus. Banyak ide yang betul-betul asli,
tetapi sebagian besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara
pandang baru terhadap ide yang lama. Menurut Suryana (2003) Sumber
peluang potensial bisnis dapat digali dengan cara :
a. Menciptakan produk baru yang berbeda.
Tahapan-tahapan penting dalam pengembangan produk baru
yaitu : pemunculan ide, Pemilihan ide, Pengembangan konsep dan
pengujian, Strategi pemasaran, Analisa bisnis, Pengembangan produk,
Pengujian pasar, Komersialisasi
b. Mengamati pintu peluang.
beberapa keadaan yang dapat menciptakan peluang, yaitu :
􀂄 Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang
relatif singkat.
􀂄 Kerugian teknik harus rendah
􀂄 Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi
produknya .
􀂄 Pesaing tidak memiliki teknologi canggih.
4
􀂄 Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam memperhatikan
posisi pasarnya.
􀂄 Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumber-sumber untuk
menghasilkan produk barunya.
c. Menganalisis produk dan proses secara mendalam.
Analisis ini penting untuk menciptakan peluang yang baik dalam
menjalankan usahanya secara efektif dan efisien antara lain :
􀂄 Menganalisa produk dan jasa yang telah ada dan yang akan ada
􀂄 Menganalisa daerah pasar yang dapat dilayani secara menguntungkan
􀂄 Mengakses kebutuhan dan keinginan konsumen yang sekarang
maupun yang potensial dalam berbagai daerah pasar untuk dilayani
􀂄 Menganalisa kemampuan organisasi untuk melayani permintaan
konsumen pada basis setelah penjualan.
􀂄 Menggerakkan sumber-sumber organisasi untuk memuaskan
kebutuhan konsumen.
􀂄 Menganalisis struktur harga yang sesuai dengan penerimaan
konsumen dan juga menyediakan pengoperasian bisnis yang aktif
dalam hal keuntungan dan penghargaan pada pemilik.
d. Memperhitungkan resiko.
Dalam memperhitungkan resiko, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan yaitu :
􀂄 Menciptakan nilai untuk pelanggan
􀂄 Pilih pasar dimana anda dapat melampaui yang lain
􀂄 Hadirkan target yang terus bergerak pada para pesaing dengan
terus menerus meningkatkan posisi.
􀂄 Mendayagunakan inovasi, kualitas,pengurangan biaya.
Ide-ide yang telah kita realisir akan menciptakan peluang bisnis
karena peluang bisnis itu sebenarnya ada di sekitar kita dan banyak
sekali macam bisnis yang bisa diraih. Namun, untuk menangkap peluang
bisnis, diperlukan keberanian, kejelian dan kreatifitas bisnis dan kita
harus betul-betul memahami kebutuhan masyarakat konsumen
5
1.3. Merencanakan Bisnis
setelah menciptakan ide bisnis dan menganalisa peluang dan
resiko yang akan muncul maka seseorang akan mengembangkan ide
bisnisnya dalam bentuk yang lebih konkrit yaitu perencanaan bisnis. Ada
beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun rencana
bisnis agar bisnis yang dijalankan akan lebih berhasil.
A. Stakeholders Bisnis
Stakehlolders adalah orang-orang yang memilki kepentingan utama
dalam bisnis yang meliputi pemilik, karyawan, kreditor, pemasok, dan
pelanggan. Setiap jenis pemegang kepentingan mempunyai peran
kritis dalam setiap usaha.
B. Lingkungan Bisnis
1. Lingkungan Ekonomi : kondisi ekonomi suatu negara akan
sangat mempengaruhi kinerja bisns dalam suatu negara.
Karena kondisi bisnis akan mempengaruhi penerimaan dan
pengeluaran suatu bisnis. Dalam lingkungan ekonomi beberapa
faktor yang perlu dipertimbangkan terhadap nilai perusahaan
adalah Pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, inflasi
Gbr 1. Faktor Ekonomi yang mempengaruhi Kinerja Bisnis
Sumber : Madura, Pengantar bisnis, 2001
Pertumbuhan
Ekonomi
Suku
Bunga
Inflasi
Permintaan
untuk
produk
Penerimaan
perusahaan
Pengeluaraan
perusahaan
Laba
perusahaan
Nilai
Perusahaan
6
􀂄 Pertumbuhan ekonomi atau perubahan dalam tingkat umum dari
aktivitas ekonomi. Ketika pertumbuhan ekonomi membaik maka
tingkat pendapat masyarakat akan lebih membaik, sehingga
permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa akan lebih tinggi.
Maka perusahaan yang menjual barang dan jasa penerimaannya
akan lebih tinggi. Bandingkan ketika ekonomi Indonesia terkena
krisis, maka daya beli masyarakat menjadi menurun, akibatnya
perusahaan banyak yang tutup pada waktu itu. Alat untuk mengukur
Indikator pertumbuhan ekonomi adalah total produksi dari barang
dan jasa (PDRB) dan jumlah total pengeluaran (agrerat Pengeluaran)
􀂄 Inflasi . Inflasi adalah peningkatan harga umum dari barang dan
jasa dalam periode waktu tertentu. Tingkat inflasi dapat diestimasi
dengan mengukur persentase perubahan indeks harga konsumen
(IHK) yang memberikan indikasi harga bernmjacam produk
konsumen. Inflasi dapat mempengaruhi biaya operasi perusahaan
yang menghasilkan produk karena naiknya biaya barang pasokan
dan bahan baku. Gaji juga dapat dipengaruhi oleh inlasi. Tingkat
inflasi yang lebih tinggi akan mengakibatkan lebih tingginya biaya
operasi perusahaan. Peneriman perusahaan mungkin lebih tinggi
selama periode inflasi tinggi karena banyak perusahaan
membebankan harga yang lebih tinggi kepada konsumen sebagai
konpensasi biaya perusahaan yang lebih tinggi.
􀂄 Tingkat Suku Bunga. Kondisi ini mewakili biaya meminjam uang.
Perubahaan dalam tingkat suku bungan dipasar dapat mempengaruhi
biaya bunga perusahaan karena bungan pinjaman yang diminta oleh
bank komersial atau kridetor berdasarkan tingkat suku bunga pasar.
Karena tingkat suku bunga mempengaruhi biaya pendanan, maka
beberapa proyek yang dipandang layak pada periode suku bunga
endah, mungkin akan menjadi tidak layak paa peride suku bunga
tinggi. Tingkat suku bunga mempengaruhi penerimaaan perusahaan
dan juga biaya bunga, sebagai ilustrasi seorang pengembang
(developer) perumahaan meminta pendanaan kepada bank, pada
saat itu suku bunga pinjaman naik akibatnya biaya pendanaan untuk
7
membeli rumah baru naik, sehingga permintaan untuk rumah baru
menurun dan perusahaan akan mengalami penurunan bisnis.
Pertumbuhan
Ekonomi
Suku
Bunga
Inflasi
Penerimaan
Biaya
bunga
Biaya
Operasional
Laba
Gbr 2. Pengaruh Kebijakan Pemerintah Dalam Mempengaruhi Kinerja Bisnis,
Sumber : Madura, Pengantar bisnis, 2001
2. Lingkungan Industri : Selain dipengaruhi oleh kondisi makro
bisnis juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi mikro yang berkaitan
dengan kondisi mikro. Dalam lingkungan industri beberapa faktor
yang perlu dipertimbangkan terhadap nilai perusahaan adalah
Permintan industri, Tingkat persaingan industri dan Peraturan
Industri.
Gbr 3. Karakteristik Industri yang mempengaruhi Kinerja BisnisSumber : Madura,
Pengantar bisnis, 2001
Permintaan
Industri
Tingkat
Persaingan
Peraturan
Industri
Hasil
Perusahan
Biaya
perusahaan
Pendapatan
perusahaan
Nilai
Perusahaan
8
􀂄 Permintaan industri. Permintaan Industri adalah keseluruhan
permintaan produk-produk dalam industri. Setiap permintaan produk
dalam industri akan dipengaruhi faktor-faktor yang berbeda
tergantung produknya. Bisa saja permintan industri dipengaruhi oleh
faktor ekonomi, trend, selera, musiman atau sosial politik.
Permintaan Industri dapat berubah sewaktu-waktu secara mendadak
karena itu perubahan harus terus memantaunya. Pemantauan secara
berkala dapat dilakukan dengan survey pasar sehingga preferensi dan
selera konsumen akan lebih bisa diprediksi. ]
􀂄 Persaingan Industri. Setiap industri terdiri dari berbagai perusahaan
yang bersaing satu sama lain. Tingkat persaingan bisa saja skala
loka, nasional, regional ataupun global. Setiap industri memiliki
tingkat persaingan yang berbeda. Ada yang ketat ada yang tidak
tergantung jenis produk, teknologi yang digunakan serta kebutuhan
masyarakat dan bentuk pasar. Hal ini yang mempengaruhi pangsa
pasar tiap-tiap industri. Didalam persaingan yang ketat perusahan
harus benar-benar mengandalkan inovasi dan keunggulan produk
agar dibeli oleh masyarakat (konsumen) sebaliknya perusahaan dapat
menjual harga yang tinggi dalam jumlah yang besar jika persaingan
sedikit, bentuk apar monopoli atau trend dan seelra masyarakat
terhadap produk itu sedang tinggi.
􀂄 Peraturan Industri. Agar terjadi persaingan yang sehat antar setiap
industri, maka pemerintah mengeluarkan berbagai regulasi, walaupun
berbagai relugasi yang ada kadangkala malah mendistorsi pasar
seperti tata niaga cengkeh (BPPC), proyek mobil nasional (MOBNAS).
Sedangkan berbagai regulasi yang baik misalnya pemerintah
mengeluarkan UU no 5 tahun 1999 (Undang-undang larangan Praktek
Monopoli dan persaingan Usaha Tidak sehat)
9
Lingkungan
Tenaga Kerja
Penghasilan
Biaya
bunga
Biaya
Operasional
Laba
Gbr 4. Pengaruh Persaingan Dalam Mempengaruhi Kinerja Bisnis,
Sumber : Madura, Pengantar bisnis, 2001
Peraturan
Pemerintah
Peraturan
Pemerintah
Persaingan Industri
Permintaan Industri
3. Lingkungan Global. Lingkungan global sangat mempengaruhi nilai
suatu perusahaan. Banyak sekali contoh sukses perusahaan karena
mamapu memanfaatkan potensi global seperti Coca cola company
mendapatkan dua pertiga pendapatannya dari luar Amerika Serikat,
atau Nokia yang menyumbang 95% pendapatannya dari luar
finlandia. Berbagai hal yang mendorong perusahaan untuk
bernivestasi di luar negri adalah ; menarik permintaan asing,
kapitalisasi pada teknologi, penggunaan sumber-sumber murah dan
diversifikasi internasional.
Kondisi
ekonomi
dinegara
asing
Pergerakan
Tingkat
Nilai Tukar
Permintaan
LN atas
Produk
Perusahaan
Biaya
Penggunaan
pasokan/Sumber
- sumber Luar
Negeri
Penghasilan
Perusahaan
Biaya
Perusahaan
Pendapatan NIlai
Perusahaan
Gbr 5. Pengaruh Lingkungan Global
Terhadap Nilai Perusahaan
10
􀂄 Menarik permintaan Asing. Permintaan pasar didalam negeri
mungkin sudah jenuh yang disebabkan berbagai faktor seperti tingkat
daya beli yang menurun, tingkat persaingan yang sangat ketat atau
kebutuhan konsumen terhadap produk tersebut sudah tercukupi.
Sedangkan diluar negeri pangsa pasar yang potensial (potensial
market) masih terbuka luas. Efek dari globalisasi juga membuat
terbukanya ruang-ruang pasar tanpa batas, sekarang; hampir setiap
hari kita lihat merek-merek raksasa milik asing (Foreign big brand)
muncul di papan-papan jalan (bilboard) atau di plaza-plaza baik yang
membuka gerai langsung maupun franchise.
􀂄 Kapitalisasi Teknologi. Berkembang pesatnya teknologi, membuat
banyaknya perusahaan berbasis IT, bahkan dinegara-negara yang
rendah penggunaan IT nya, menjadi lahan bisnis bagi Multi National
Corporation untuk membuka bisnis dinegara-negara yang kurang
maju
􀂄 Penggunaan Sumber-Sumber Murah . bervariasinya biaya tenaga
kerja dan penggunaan lahan diberbagai negara membuat negaranegara
dunia ketiga menjadi incaran investasi. Misalnya negara China
dan India menjadi daerah Tujuan Investasi karena memliki tenaga
kerja yang memiliki skill yang tinggi dan biaya tenaga kerja yang
murah.
􀂄 Diversifikasi Internasional. Untuk mengurangi resiko yang muncul
perusahaan dapat melakukan strategi diversifikasi mulai dari
diversifikasi poduk hingga diversifikasi negara.
11
C. Rencana Manajamen
Rencana manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam
merencanakan sebuah bisnis. Bisnis akan gagal jika tidak didukung oleh
manajemen yang baik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
perencanaan manajemen adalah :
1. Struktur organisasi.
Sturuktur Organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab
karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya
setiap perusahan akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala
perusahaan dan jenis perusahaan. Struktur perusahaan yang baik adalah
struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat kerjasama
tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga
struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi
kelemahan dari setiap bagian/individu
2. Aspek Marketing
pada aspek ini beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
􀂄 Analisis Pasar yang meliputi : Target pasar, kondisi persaingan
􀂄 Analisis mengenai Produk atau jasa : jenis dan Keunggulan produk
Argentina
Venezuela Brazil
U.K.
Australia
Russia
India
China
Malaysia
Singapore
Indonesia
Hong Kong
Mexico Vietnam
Thailand
12
􀂄 Strategi Pemasaran yang dilakukan yang meliputi pricing strategy,
distribution strategy, branding/promotion stratgy dll
3. Aspek Produksi
Berbagai macam keputusan harus dibuat mengenai proses
produksi, misalnya lokasi dari fasilitas produksi, tata letak mesin. Dan
keputusan lokasi bisnis.
Dalam memilih lokasi bisnis yang paling utama adalah alasan apa
yang menyebabkan kita harus memilih lokasi tersebut. Ada banyak
alasan, seperti menemukan pasar baru atau memperluas pasar, meng-up
grade fasilitas atau peralatan produksi, atau karena pertimbangan biaya
dan cash flow bisnis.
Semua hal ini bisa dialam oleh orang yang baru memulai berbisnis
atau orang yang mau merelokasi bisnisnya. Abdinagoro menyatakan
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:
􀂾 Pertimbangkan karakter atau sifat daerah yang akan kita pilih untuk
lokasi. Tentu saja ini terkait dan disesuaikan dengan produk atau jasa
apa yang kita tawarkan pada konsumen.
􀂾 Pertimbangkan harganya tentu jika bentuknya adalah sewa atau
kontrak. Biasanya ini dipengaruhi oleh letak dan bentuk tempat yang
akan kita sewa.
􀂾 Perhatikan infrastruktur yang ada, seperti berapa daya listrik yang
ada, bagaimana tunjangan komunikasinya, juga persediaan air yang
ada.
􀂾 Analisa juga fasilitas yang disediakan tempat tersebut, seperti apakah
tersedia tempat parkir yang cukup, adakah satuan pengamanan
(satpam) tersedia.
􀂾 Pertimbangkan kondisi lalu lintas yang ada didaerah itu, crowded atau
tidak, apakah jalan di depannya satu arah atau dua arah atau apakah
konsumen juga bisa mendapatkan keperluannya dengan hanya sekali
jalan.
13
4. Aspek SDM.
Sumber Daya Manusia merupakan hal yang yang krusial bagai
berhasilnya suatu perusahaan. Pada aspek ini perusahaan harus mampu
merencanakan kebutuhan SDM dan mengembangkan SDM yang ada.
Karena sehebat apa pun seseorang, seberapa banyak pun pengetahuan
yang dimiliki, selalu saja ada kesempatan yang bisa dilakukan untuk
mengembangkan diri karena dunia berubah dengan cepat, pengetahuan
berkembang, teknologi cepat berubah. Jadi, perusahaan harus terus
mendorong SDM nya untuk belajar dan mengembangkan diri.
Pengembangan diri bisa dilakukan dalam berbagai cara: membaca,
berdiskusi dengan sesama rekan kerja (untuk memperdalam
pengetahuan dan keterampilan di bidang yang sama), dengan orang lain
dari industri yang berbeda (untuk meluaskan wawasan), mengikuti
pelatihan, seminar dan workshop, ataupun sekedar melakukan
pengamatan lingkungan (observasi) dan riset.
5. Aspek keuangan
Aspek Keuangan harus mampu menjelaskan mengapa bisnis ini layak
dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai (berapa
dana pemilik dan berapa dana dari kreditor). Untuk itu Sebelum mencari
modal, tentu harus diketahui dulu berapa jumlah uang yang dibutuhkan
untuk menjalankan usaha.
sebagian besar uang yang diperlukan untuk memulai usaha
disediakan oleh para pemikir usaha itu sendiri. Akan tetapi, anda
mungkin memerlukan tambahan dana untuk meluncurkan usaha
tersebut, atau untuk menopang pertumbuhan pada saat usaha telah
dimulai. Dalam dunia usaha sistem akuntansi adalah hal yang sangat
penting, sebelum memulai usaha, penting bahwa anda mempunyai
akuntan yang kompeten untuk merancang sistem yang meberikan anda
catatan akuntansi yang layak. (Bangs, 1995). Kebijakan dalam
pengelolaan keuangan mutlak diperlukan bagi para wirausahawan.
Kesalahan dalam mengelolanya dapat menjatuhkan usahanya walaupun
14
usahanya tersebut memperoleh laba yang besar tetapi wirausaha
tersebut tidak mampu untuk membedakan yang mana dana untuk
kepentingan pribadi, dan yang mana dana untuk kepentingan usahanya.
Ada tiga tahap yang bakal dilewati oleh setiap usaha, yaitu :
􀂄 Tahap memulai (Start-Up Stage)
Sumber keuangan pada tahap ini yang paling mudah dan juga
diutamakan adalah dari uang sendiri. Gali sumber keuangan, seperti
tabungan, deposito, atau bahkan menggunakan credit card. Baru ketika
ternyata dana itu masih kurang, kita dapat mengajak rekan ataupun
keluarga.
􀂄 Tahap berkembang (Growth Stage)
Umumnya pinjaman bank baru diperlukan saat bisnis memasuki tahap
perkembangan dan tahap matang. Pilihlah bank yang tepat, untuk saat
ini misalnya bank yang benar-benar menyediakan pinjaman Bank untuk
UKM, seperti Bank Danamon, BRI, BPR tertentu dan PNM. Biasanya
mereka mensyaratkan adanya perencanaan bisnis (business plan) yang
baik dari usaha anda.
􀂄 Tahap matang (Maturity Stage)
Sumber lain adalah dari perusahaan modal ventura (Venture
Capitalist), seperti Sumut Ventura, atau dari perusahaan pembiayaan
atau investor lainnya.
6. Aspek Teknologi Informasi
Tidak ada yang dapat memungkiri bahwa kehidupan saat ini tidak
bisa lepas dari apa yang disebut teknologi. Begitu juga dengan bisnis.
Meskipun kita tahu bahwa bisnis sudah ada sebelum teknologi ini muncul,
tetapi kini bisnis tanpa teknologi akan berjalan lambat, seperti siput.
Bagi yang baru memulai bisnis, telepon dan faks merupakan
sarana kantor yang harus ditempatkan di urutan atas list kebutuhan
kantor. Sedangkan yang sudah berjalan, perlu juga dilakukan evaluasi
terhadap sistem telepon yang digunakan, misalnya memanfaatkan
teknologi PBX (private branch exchange). Penggunaan internet, jika
15
memang diperlukan juga perlu dimanfaatkan maksimal. Karena dari
teknologi ini kita bisa mendapatkan pelanggan baru, membangun merek,
atau juga mencari suplier-suplier. Dan lagi jangan lupa untuk juga
mempersiapkan diri kita sendiri dan karyawan dalam menghadapi dan
mengantisipasi teknologi yang cepat ini melalui training.
7. Rencana Bisnis
Setiap usaha ataupun organisasi memerlukan pengelolaan yang baik
demi tercapainya tujuan usaha. Dalam hal pengelolaan ini menurut
Suryana (2003) ada 2 aspek yang harus diperhatikan, yaitu perencanaan
usaha dan pengelolaan keuangan. Agar usaha berjalan sesuai dengan
sasaran maka harus dilakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan
usaha adalah suatu cetak-biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang
misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi
usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta
keterampilan pengelolaannya. Perencanaan usaha sebagai persiapan
awal memiliki memiliki 2 fungsi penting yaitu :
(1)sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen
usaha, dan
(2)sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang
bersumber dari luar.
Setiap aktivitas yang berhubungan dengan usaha harus sesuai
dengan rencana yang telah ditetapkan dapat tercapai. Suatu
perencanaan tidak dapat diremehkan. Dengan memandang secara
objektif pada usaha yang dijalani seorang wirausahawan dapat
mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahannya, menunjukkan hal-hal
penting yang mungkin terlewatkan, melihat kesempatan pada tahap
awal, dan memulai merencanakan bagaimana wirausahawan dapat
mencapai tujuan bisnis yang terbaik. Rencana usaha juga dapat
mambantu dalam melihat masalah-masalah sebelum masalah tersebut
menjadi besar dan membantu anda mengidentifikasikan sumber
masalah tersebut , kemudian memberikan jalan untuk memecahka
16
masalah tersebut. Rencana usaha juga memberikan informasi yang
diperlukan pihak lain untuk menilai usaha seorang wirausahawan ,
terutama jika wirausahawan memerlukan pembiayaan dari pihak luar.
Seluruh Aspek-aspek yang ada dilakukan penggabungan yang disbut
Rencana bisnis. Pada bagian ini setidaknya memuat hal-hal berikut:
􀂄 Profil konsumen.
􀂄 Potensi pasar serta prospek pertumbuhannya dimasa yang akan
dating.
􀂄 Market share yang ada saat ini serta kemungkinan perubahannya
dimasa yang akan datang.
􀂄 Analisis kuantitatif maupun kualitatif.
􀂄 Karakteristik konsumen serta kecenderungan perubahannya.
􀂄 Tingkat persaingan.
􀂄 Keunggulan kompetitif yang kita miliki.
􀂄 Strategi pemasaran harus menjelaskan strategi harga,strategi
promosi,strategi penjualan,dan strategi lainnya.
􀂄 Rencana pengembangan pemasaran dimasa yang akan dating.
17
Eksibit 1. Konsep/ Ide Powerful di Panggung Bisnis
Penggagas Dampak bagi Dunia
Bisnis
Potensi yang dikembangkan
Corporate Social Responsibility (CSR)
Dipicu kondisi Indonesia yang
mengalami pertumbuhan
foreign direct investmen
negative sejak 1998-pada
2002 minusd US $.1.523 juta,
pemerintah menyusun UU
Investasi baru. Namun, hal inii
mengakibatkan banyaknya
malpraktik bisnis. CSR hadir
akibat desakan berbagai
organisasi hak asasi manusia.
Forum Ekonomi Dunia di
Davos melalui Global
Govermance Intiative
mengajak kalangan bisnis
memikirkan kemiskinan lewat
praktik CSR. Indonesia
menjadi tuan rumah Asia
Forum for CSR, Januari 2005,
yang memaparkan bagaimana
CSR harus dipraktikan
kalangan bisnis di Asia.
Skema Socially Responbile
Investmen memotivasi
komunitas bisnis
menerapkan CSR.
Masih terjadi lemahnya
skema CSR pada program
yang sifat-nya Voluntary
initiative dan tanpa code
of conduct yang jelas.
Diperlukan standarisasi dan
verifikasi yang jelas sebagai
panduan dan instrumen pengukur
CSR. Saat ini Global Reporting
Initiative-inisiatif multistakeholder
yang didukung PBB-disebut sebagai
standard laporan terbaik.
Penggeseran pengertian CSR yang
sekedar tanggung jawab sosial
menjadi akuntabilitas sosial
perusahaan, menuju good
corporate citizen. Ini guna
mencegah permainan kekuasaan
dan menuju pembangunan
masyarakat yang
berkesinambungan.
Mal High – End
Sukses Plaza Senayan sebagai
pusat belanja modern dekade
1990-an menginspirasi pemain
properti membangun dengan
warna yang hampir sama,
berupa perkawinan antara
pusat bellanja elite,
perkantoran dan apartemen.
Pesaing ketat sangat
kentara, terutama
disentra bisnis Jakarta.
Plaza Indonesia lengkap
dengan Ex-nya, Mal
pondok Indah (bakal Hotel
Indonesia), senan City
berhadapan dengan Plaza
Senayan, sehingga
kawasan kelapa gading
dengan La Piaza.
Menyemangati rivalitas
dunia pusat belanja
modern, Singapura ikut
memasukkan beberapa
pemain besarnya di ritel
elite.
Pembangunan mal elite
juga telah menjamur
diluar Jakarta, seperti di
Bandung dengan CiWalk
dan Yogjakarta dengan
Plaza Ambarukmo dan
Trade Mall Saphire
Square.
Dibanding dengan Singapura yang
berpenduduk 4 juta jiwa dan
memiliki bbanyak pusat belanja
modern yang bersebelahan, Jakarta
dengan penduduk 12 juta jiwa
membutuhkan banyak pusat
belanja, sekaligus untuk menarik
pasar wisata.
Pertumbuhannya yang menjamur
di wilayah kegiatan ekonomi dan
pusat kemacetan bisa berdampak
pada lalu lintas Jakarta.
Jaringan Radio
Kue iklan bisnis radio yang
hanya 3% dari total iklan
nasional sulit bertambah. Ini
membuat radio yang sudah
eksis membentuk jaringan
Stasiun-stasiun radio baru
bermunculan. Stasiun
radio yang eksis yang
semula bersifat umum
mulai mengalihkan
Potensi pengembangan radio di
Indonesia masih terbuka lebar.
Banyak kawasan dan lapisan
masyarakat yang belum menikmati
siaran TV dan Radio, terutama di
18
untuk membuat segmentasi
pasar dan memperbesar biling
iklan.
segmentasi pasarnya
secara khusus dan
membentuk jaringan radio
untuk meraih semua
segmen pasar. Ini penting
dilakukan. Radio semakin
tersegmentasi dan
persaingan di bisnis ini
semakin ketat. Untuk
bertahan, radio memang
harus membentuk
jaringan.
Pendapatan iklan Radio
hanya 3%. Unt
meperbesar kue iklan,
radio-radio besar
memenetrasi daerah,
melalui kerjasama dengan
mitra lokal, membentuk
jaringan yang
dikembangkan ini, radio
unduk dapat menarik
iklan dari daerah dan
nasional dengan satu
koordinasi.
Pertambahan stasiun
radio meberi tambahan
pilihan bagi pengiklanan
untuk kepentingan
mereka.
daerah terpencil. Menurut Tito
Sulistiono, Direktur Utama MNC
pertumbuhan Radio tahun 2006
akan mencapai dua kali lipat
dibandingkan dengan pertumbuhan
tahun ini.
Memungkinkan perolehan iklan
biasa menyebar ke daerah, tidak
terpusat di Jakarta.
Pelatihan Motivasi Bisnis (Industri Sukses)
Motivator bisnis sebenarnya
sudah sering digunakan bidang
multillevel marketing.
Memasuki 2000-an, ketika
tingkat persaingan bisnis
semakin tajam, perusahaanperusahaan
merasa
membutuhkan motivator untuk
meningkatkan kinerja
karyawan.
Banyak perusahaan Klien
mereka yang merasakan
hasil dari peningkatan
motivasi pada akhirnya
meningkatkan pendapatan
perusahaan secara
signifikan. Selain itu,
bidang motivator bisnis
mkn banyak diminati.
Motivator bisnis kondang
saat ini antara lain, Tung
Desem Waringin, James
Gwee, Andrie Wongso,
Jansen Sinamo, Mario
Teguh dan Andrias
Harefa. Sekali bicara,
Tung Desem mematok
tarif US$ 7000.
Tingkat persaingan bisnis di
Indonesia makin kompetitif dan
perusahaan makin membutuhkan
karyawan yang baik. Fenomena ini
membuat motivator sukses makin
dibutuhkann perusahan. Motivator
sukses lain dengan ciri khas
masing-masing pun bermunculan.
PERBANKAN SYARIAH
Hasil keputusan Loka Karya
Alim Ulama
Merekomendasikan kepada
Pemerintah tentang perlunya
mendirikan bank yang
beroperasi tanpa bunga pada
1990 dan ditindak lanjuti oleh
Majelis Ulama Indonesia dan
Ikatan Cendiakiawan Muslim
si Indonesia dengan
mendirikan Bank Muamalat
Hingga Mei 2005 ada 17
unit bank syariah, tiga
bank syariah penuh dan
88 BPR syariah yang
beroperasi di Indonesia
dengan nilai asset
Rp.17,14 Triliun dan dana
pihak ketiga Rp. 12,69
triliun. Konsep syariah
mulai digunakan dibidang
lain, yaiitu asuransi, unit
Sebesar 90 % penduduk Indonesia
yang berjumlah 220 juta jiwa lebih
adalah muslim. Ini menjadikan
konsep syariah sangat potensian
dikembangkan. Bank syariah juga
mulai masuk dalam sindikasi
pembiayaan proyek skala
menengah dan besar. Perbankan
syariah diproyeksikan mencatat
nilai aset Rp360 triliun (9,1 % dari
total nilai aset bank nasional ) pada
19
pada 1991 link, reksa dana
pembiayaa, unit gadai
sampai biro iklan. Kini ada
dua konsultan bidang
syariah: Tazkia Institute
dan Karim Consulting.
tahun 2011.
Relity Show / Variety Show
Ditayangkan di televisi
Indonesia sejak kehadiran
stasiun-stasiun TV swasta.
Triwarsana mulai
memproduksi program Asal
(1999) dan Mimpi kali yeee
(2000), tetapi baru pada 2001,
setelah Katakan Cinta
ditayangkan di RCTI, Program
reality show mulai melejit.
Sampai akhir 2005 ada
144 judul program reality
show lokal dan asing yang
ditayangkan di televisi
dengan durasi 774 jam.
Rating tertinggi reality
show saat ini adalah
Kontak Jodoh, 6,3%,
dengan TV share 21% dan
jumlah audiens 2,35 juta
orang.
Pamor reality show
meningkat sehingga
bermunculan bintangbintang
baru dan rumah
produksi baru. Tahun ini
Triwarsana menjadi
rumah produksi yang
paling banyak
memproduksi reality
show di Indonesia.
Stasiun TV dan distributor
atau lisensor juga
kecipratan rezeki dari
perolehan iklan. Dari satu
acara reality show lokal
berdurasi 60 menit pada
prime time, stasiun TV
mampu meraup iklan Rp
360-450 juta (iklan
memotong acara, belum
termasuk iklan logo, teks
berjalan dan sponsor yang
disebutkan pembawa
acara). Adapun distributor
reality show, seperti
Fremantle mendapat fee
Rp 20-40 juta/episode
dari kerja sama
penayangan program
reality show asing.
Masih berpotensi dikembangkan,
tetapi tren ke depan adalah reality
show dengan tema yang
menginspirasi dan membuat orang
berani berusaha (empowering :
konsepnya adalah mampu bertahan
hidup asal berusaha, semacam
Survivor dan The Apprentice).
Sejumlah negara, seperti Malaysia
dan India, sudah melirik beberapa
program reality show Indonesia,
dan ingin mendapatkan izin
produksinya.
Transportasi Alternatif
Bus Trans Jakarta adalah
transportasi alternatif, salah
satu ide Gubernur DKI Jakarta
untuk mengurangi tingkat
kemacetan lalu lintas di
Jakarta, dengan mengambil
dua jalur jalan.
Konsep awal, direncanakan 15
koridor bus Trans Jakarta di
Jakarta. Saat ini telah
beroperasi satu koridor rute
Blok M-Kota, yang disusul dua
Koridor 1 dengan rute
Blok M-Kota yang mulai
beroperasi Februari 2004
berhasil mengurangi
angka kemacetan dengan
memindahkan pengguna
mobil pribadi ke bus Trans
Jakarta sebanyak 14%
Daya angkut 70 ribu
orang/hari (tertinggi
83.574 orang pada
September 2005) dengan
Dengan daya beli mobil masyarakat
Jakarta sebanyak 138 unit/hari,
diharapkan pembangunan dua jalur
bus Trans Jakarta berikutnya
mampu menjadi salah satu solusi
masalah transportasi.
20
koridor berikutnya : rute
Pulogadung-Monas dan Monas-
Kalideres.
bus yang beroperasi 75
unit perhari. Terhitung
dari Januarai hingga 20
November 2005 ada
17.514.398 orang yang
diangkut.
Stagnasi pembangunan
koridor II dan III
diakibatkan lemahnya
perencanaan yang
berimbas pada angka
kemacetan yang
meningkat dan infra
struktur yang mubajir
Waralaba
Konsep waralaba ada di
Indonesia sejak akhir 1970-an
melalui SPBU, tetapi
pengusaha yang pertama kali
mewaralabakan bisnisnya
adalah Sukyatno Nugroho
lewat Es teler 77 pada 1987.
Ketika itu, ia belum menyadari
bahwa pola yang digunakan
untuk mengembangkan gerai
Es Teler 77 adalah waralaba.
Industri waralaba makin
marak di Indonesia.
Semakin banyak
pengusaha – dari bidang
makanan, jasa, sampai
broker perusahaan berani
mewaralabakan bisnisnya.
Konsultan waralaba makin
banyak, dan bisnis
waralaba mampu meraup
omset sekitar Rp 150
triliun/tahun dengan
serapan tenaga kerja 4
juta orang.
Sampai akhir 2004 di
Indonesia terdapat 62
perusahaan waralaba
lokal dan 270 waralaba
asing dengan
pertumbuhan lokal 14,2%
dan asing 9,5%.
Sementara jumlah gerai
waralaba mencapai 1.978
(1.647 lokal). Walau
masih sedikit, lembaga
keuangan mulai
menyalurkan kredit untuk
bisnis ini.
Jumlah penduduk Indonesia yang
mencapai 220 juta jiwa 1ebih
menjadi pasar potensial bagi
waralaba asing mengembangkan
usahanya disini. Menurut konsultan
waralaba Amir Karamoy, beberapa
waralaba dari Negara-Negara
Asean dan Australia akan masuk ke
Indonesia tetapi masih menunggu
situasi ekonomi negeri ini,
terutama terkait dengan fluktuasi
nilai tukar rupiah.
Bisnis waralaba merupakan
peluang usaha yang dinilai akan
banyak dilirik orang di masa depan.
Para pemilik modal juga ingin
menginvestasikan modalnya untuk
berbisnis dengan konsep dan
sistem yang sudah ada, desain dan
merek sudah dikenal, dan diberi
pelatiha
Sumber : SWA 25/XXI/ 8-18 Desember 2005, Hal 80-82

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger