Sabtu, 04 Mei 2013

APA DEFINISI PENCINTA ALAM ALAM?

Tanya Kenapa??
Apa definisi dari pecinta alam? Apa arti dan makan dari pecinta alam? Seperti apakah pecinta alam itu? Apa orang yang hobinya naik gunung sudah bisa
dikatakan sebagai pecinta alam? (padahal kegunung cuma nyampah doang...) Tetapi kenapa para tukang sapu jalanan tidak pernah dikatakan sebagai pecinta alam? aneh...!!

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak orang-orang yang mulai hobi dengan kegiatan di alam bebas, khususnya mendaki gunung, lalu memproklamirkan diri sebagai pecinta alam yang kemudian mendirikan organisasi yang meng atasnamakan pecinta alam. Sepertinya pecinta alam sudah menjadi tren gaya hidup, mungkin agar dibilag orang hebat atau apalah, atau mungkin hanya sekedar memanfaatkan persaudaraan para pecinta alam yang sudah ada sejak lama. Padahal mereka sendiri belum tentu tahu arti dan makna dari pecinta alam.

Banyak ditemukan diberbagai daerah,organisasi atau kelompok pecinta alam yang memelihara satwa-satwa liar dan langka di sekretariatnya atau di basecampnya, mulai dari reptil hingga unggas langka. DAn mereka bangga akan hal itu. Apa itu yang disebut sebagai pecinta alam? memlihara dan mengekang kehidupan satwa liar?
Ada lagi ditemukan seseorang yang dengan bangganya memakai baju dan slayer yang berlogokan pecinta ala, lalu dengan mudahnya ia memtik bunga langka dan menaruhnya didalam dompet yang katanya sebagai kenang-kenangan. Apa itu juga disebut sebagai pecinta alam? seseorang yang mendaki gunung hanya untuk mengkoleksi bunga langka ata mungkin satwa langka.?
Ada juga di temukan seseorang/kelompok "pecinta alam" yang mendaki gunung lalu mengukir namanya dipohon atau bahkan mencoret-coretnya dengan cat/spidol, yang sebagai tanda bahwa ia pernah kesana, kemudian turun dan pulang dengan meninggalkan sampah-sampahnya. Untuk apa vandalisme itu? Ingin terkenal dihutan?
Apa monyet-monyet dan binatang liar lain bisa membaca? Apa itu yang disebut sebagai pecinta alam? Orang-orang yang merusak pohon dan kelestariannya?
Bahkan ada lagi orang-orang yang dengan bangganya menggunakan jaket/baju yang dipenuhi dengan lambang-lambang gunung yang pernah ia daki/lambang-lambang pecinta alam. sementara ketika ditanya arti dari pecinta alam ia tidak bisa menjawab, atau mungkin ia hanya menjawab "saya bukan pecinta alam, saya cuma penggiat alam"
Ketika ditanya tentang pengetahuan dasar tentang kegiatan di alam bebas, tidak bisa juga menjawabnya. Karena ia mendaki gununghanya berbekal keberuntungan.
Apa maksud itu semua? Apa itu sebagai simbol dari kegagahannya karena telah berhasil mendaki gunung yang hanya berbekal keberuntungan?

Sebuah fenomena-fenomena dalam kehidupan nyata yang sangat aneh. Begitu mudahnya orang berkata "saya adalah pecinta alam" tetapi tidak tahu arti dan maknanya. Pecinta alam sudah menjadi tren gaya hidup anak muda jaman sekarang. Begitu banyaknya organisasi-organisasi yang mengatasnamakan pecinta alam di Indonesia ini bermunculan , tetapi kenapa kerusakan hutan di Indonesia masih terus berlanjut dan semakin parah, perburuan satwa liar masih terus berlanjut, dan gunung seperti menjadi tempat sampah. Kemana saja mereka? Apa yang mereka lakukan? Apa mereka menutup mata dan telinga atas semua kerusakan-kerusakan yang terjadi pada alam dan menyibukkan dengan ekspedisi-ekspedisi bullshit yang tujuannya untuk menjadi hebat diantara yang hebat.

Menjadi pecinta alam tidaklah mudah, tanggung jawab moral terhadap diri sendiri dan lingkungan. Apakah kita sudah benar-benar menjadi seorang pecinta alam??
Tanyalah pada diri sendiri.


BY : https://www.facebook.com/made.wirayudha?hc_location=stream

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger